Softdrink Bikin Diabetes

Sabtu, 29 Januari 2011

Konsumsi Softdrink bisa membuat diabetes !. Tak di pungkiri diseluruh penjuru dunia ini penyakit diabetes mellitus atau kencing manis telah menjadi permasalahan yang memang cukup serius, sangat bahaya sekali jika kita tidak cepat-cepat untuk menaggulangi penyakit tersebut terbayang dampaknya terhadap gaya hidup kita yang menjadi kacau atau tidak sehat lagi. Bahkan jika tidak cepat-cepat kita tanggulangi akan menimbulkan beragam penyakit besar seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, bahkan sampai dengan impotensi.

Seorang peneliti dari University of California, San Fransisco, Amerika Serikat yang bernama Dr Kristen Bibbins-Domingo beberapa waktu yang lalu sempat menampilkan hasil penelitiannya tentang tragedi penyakit jantung akibat mengkonsumsi minuman ringan alias softdrink. Beliau menyatakan dalam penelitiannya tersebut meningkatkan konsumsi minuman bersoda yang umumnya mengandung gula tinggi berdampak pada terjadinya 130.000 kasus baru diabetes, 14.000 kasus baru penyakit jantung, dan 50.000 penderita gangguan jantung dalam satu dekade terakhir.
Dan juga beliau menyatakan bahwa, "Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan, semua kebijakan yang bisa mengurangi konsumsi softdrink mungkin akan berdampak positif bagi kesehatan masyarakat",.

Penelitian beliau menggunakan simulasi komputer yang dapat memperlihatkan penyakit yang berkaitan dengan hal tersebut, penyakit jantung lah salah satu nya hasil dari penelitian ini. Dr Kristen Bibbins-Domingo menyatakan, "Selama ini kita kurang memperhitungkan insiden antara softdrink dengan penyakit jantung karena memang minuman ini lebih populer pada para remaja. Fokus penelitian penyakit ini lebih banyak orang dewasa berusia di atas 35 tahun,".

Tidak sampai disana saja karena beliau menambahkan lagi pernyataan dari hasil peneliatian nya selama ini, beliau menambahkan adanya kaitan antara penyakit kardiovaskular dan diabetes sangat terlihat nyata. Namun walau dengan pernyataan tersebut tetap saja ada faktor yang mempengaruhi lagi yaitu faktor obesitas.

"Berbagai penelitian menunjukkan dampak konsumsi minuman manis. Selama beberapa dekade terjadi peningkatan konsumsi minuman manis," begitulah ungkap dari peneliti bernama Dr Kristen Bibbins-Domingo.

Dengan hal itu banyak para ahli mencoba mengingatkan kita tentang bahaya mengkonsumsi softdrink dan juga cara untuk mencegah diabetes yang di hasilkan dari konsumsi softdrink itu. Tips nya seperti ini, kita harus mengurangi asupan minuman dengan tambahan gula. Jika didiagnosis diabetes maka gula darah, berat badan, tekanan darah, dan kadar lemak darah harus dikendalikan. Kalau dengan olahraga tidak terkontrol, harus dilakukan dengan obat.(kompas)


http://www.infospesial.com/article/kesehatan/softdrink-bikin-diabetes.htm
Translate to : by

0 komentar:

Posting Komentar