Richard Gere Didapuk Jadi Duta Borobudur

Minggu, 26 Juni 2011

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendapat tamu penting dari selebritis Hollywood Richard Gere. Bersama ibu negata Ani Yudhoyono, SBY didampingi Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menerima kedatangan Richard di Istana Merdeka, Minggu (26/6/2011).

Kedatangan aktor yang tenar karena aktingnya bersama Julia Robert dalam film Pretty Woman ini dipilih bukan tanpa alasan. Kepribadiannya yang banyak menaruh perhatian pada cagar budaya dunia, seperti candi, membuat pemerintah kepincut.

Terlebih, orang seperti Richard diyakini Jero bisa mengangkat pamor candi Borobudur pascaerupsi Merapi berapa waktu lalu. Jero mengaku, sosok Richard menjadi penting untuk mempopulerkan Borobudur sebagai candi Budha terbesar di dunia.

"Makanya kita mencari tokoh atau orang yang saya yakini punya perasaan dekat dengan borobudur.  Tokoh itu adalah Richard Gere. Kalau saya yang mengatakan kan sudah lewat PBB. Kalau tokoh dunia yang ngomong akan menimbulkan trust yang lebih tinggi," ujar Jero kepada wartawan di Jakarta, Minggu (26/6/2011).

"Dia juga malam ini akan menyaksikan pentas di Borobudur. Jadi orang enggak ketakutan lagi. Dia menjadi informal Indonesian Tourism Ambassador," tambahnya.

Gayungpun bersambut. Kebetulan keinginan pemerintah sejalan dengan kedatangan Richard yang sekaligus ingin menghabiskan liburannya bersama istri dan anaknya ke Bali. Baginya Bali sudah sangat akrab. Mengingat Richard sudah sekian kali ke pulau dewata tersebut.

"Sebelumnya dia pernah Ke Ankor Wat. Nah ini Borobudur, candi Budha terbesar di dunia. Makanya Langsung saya layangkan surat. Dengan senang hati dia datang kemarin dan tiba tadi pagi bertemu dengan saya di saya di kantor.

Saya perlihatkan foto candi Borobudur waktu sunrise," cerita Jero.

Dalam pertemuan selama satu jam tersebut, Richard terharu dan membalas keinginan pemerintah, salah satunya menyampaikan gaung Borobudur yang pernah menjadi salah satu situs dari tujuh keajaibab dunia. 

"Jika ada acara kemanusiaan yang besar saya bersedia dilibatkan," ujar Richard ditirukan Jero.


Penulis: M. Ismunadi  |   Editor: Prawira Maulana 
http://www.tribunnews.com/2011/06/26/richard-gere-didapuk-jadi-duta-borobudur

Translate to : by

0 komentar:

Posting Komentar