God Bless: Menanti Kejujuran Pemimpin Negeri Ini

Senin, 25 Juli 2011

“Menanti kejujuran, harapkan kepastian. Hanya itu yang sanggup aku lakukan...” Setidaknya dari cuplikan lagu ‘Menanti Kejujuran’ yang dilantukan oleh Achmad Albar bersama God Bless-nya di event reuni alumni FISIP – Universitas Gajah Mada di Auditorium RRI – Jakarta (21/7/2011), merepresentasikan harapan rakyat, harapan kita semua pada pemimpin negeri ini. 

Saat ini rakyat sedang menanti kejujuran para pemimpin dan elit politiknya, sebagaimana janji-janji yang pernah engkau berikan. Akankah indahnya hari depan, nikmatnya kedamaian yang kudambahkan masih tetap mimpi? 
Lagu ‘Menanti Kejujuran’, karya Ian Antono dan Fajar Budiman ini sebenarnya bukanlah lagunya God Bless, melainkan Gong 2000 yang juga digawangi Achmad Albar, Ian Antono, Donny Fattah dan Yaya Moektio. Lagu ini sebetulnya juga dinyanyikan dalam konsernya God Bless. Mungkin terkait atau pas dengan momentumnya, Achmad Albar sengaja menyertakan lagu ini harus dinyanyikan dihadapan para kaum politisi alumni FISIP – UGM. 
Atau setidaknya lagu ‘Menanti Kejujuran’ ini menjadi pesan politis yang disuarakan Achmad Albar dalam konsernya dihadapan kaum politisi, yang juga disiarkan secra langsung oleh RRI 105.0, Pro1 dan Pro2 FM. Di mana malam itu juga nampak hadir sejumlah elit politik diantaranya Menakertrans Muhaimin Iskandar , dan elit politik anggota DPR Priyo Budi Santoso, Roy Suryo, Ganjar Pranowo, serta Bambang Eka Cahya Widodo dari Bawaslu. 
Sebagaimana diungkapkan Iyek, panggilan akrab Achmad Albar, penampilan God Bless menjadi hal yang spesial. Karena dalam penampilannya malam itu God Bless nyanyi langsung di depan kaum politisi. “Mudah-mudahan mereka juga mendengarkan nyanyian kita,” kata vokalis God Bless. Sebagai grup musik rock, God Bless memiliki konsistensi dalam menyuarakan humanisme dalam lirik lagu-lagunya sebagai representasi kritik sosialnya. Keberpihakan pada pokok persoalan humanisme ini seakan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari komitmen God Bless yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. 
Dalam penampilannya dihadapan kaum politisi, God Bless membawakan tak kurang dari 15 lagu yang sebagian besar bertemakan sosial, seperti ‘NATO’, ‘Bara Timur’, ‘Bla Bla Bla’, dan ‘Dunia Gila’. Tapi setidaknya tematik lagu ‘Menanti Kejujuran’ merupakan lagu yang sangat kontekstual dengan realitas kondisi sosial politik kita saat ini, dan menjadi gong dalam konser God Bless dihadapan kaum politisi. Sebagaimana yang sedang kita hadapi kini, rakyat sedang menunggu komitmen para pemimpin dan elit politik negeri ini; Menanti kejujuran, harapkan kepastian, sebagaimana akan indahnya janji-janji yang pernah kau berikan! 


Tribunners

Alex Palit, Anggota Forum Apresiasi Musik Indonesia

http://www.tribunnews.com/2011/07/22/god-bless-menanti-kejujuran-pemimpin-negeri-ini

Translate to : by

0 komentar:

Posting Komentar