Polisi Tangkap Kapal Selam Pembawa Kokain

Senin, 26 September 2011

Polisi di Kolombia menahan sebuah kapal selam milik pemberontak Farc. Kapal selam ini memiliki kapasitas untuk menampung setidaknya tujuh ton narkoba.


Dengan panjang 16 meter, dilengkapi dengan sistem navigasi yang canggih, kapal ini bisa menjelajah sampai Amerika Tengah. Kapal ini ditangkap di dekat pelabuhan Pasifik kota Buenaventura.

Polisi menyatakan kapal selam ini baru akan digunakan pertama kali untuk mengirimkan muatannya. "Ini akan digunakan oleh pasukan pemberontak Farc Kolombia dengan bantuan dari organisasi kartel narkoba yang beroperasi di kawasan selatan negara ini,'' kata Kepala Polisi Divisi Narkoba Gene Luis Alberto Perez kepada kantor berita Eke.

Dia menambahkan bahwa ini ''mungkin salah satu kapal terbesar yang di tangkap Kolombia dalam beberapa tahun terakhir.''

Otoritas meyakini kapal ini sehraga US$ 2 juta dan bisa memuat lima orang awak kapal.
Banyak penyelundup kokain bermarkas di Buenaventura, tempat dimana kemiskinan dan angka pengangguran tinggi. Kolombia merupakan pusat perdagangan kokain dunia, dan penyelundup sering mencari cara baru untuk mengirimkan narkoba, termasuk dengan kapal selam.

Kebanyakan narkoba diselundupkan ke Meksiko atau Amerika Tengah melalui laut dan jalur darat ke AS dan Kanada. Kolombia juga dikenal sebagai pemasuk kokain terbesar Eropa.

Penulis: Dodi Esvandi  |  Editor: Dodi Esvandi

Translate to : by

0 komentar:

Posting Komentar