Navigasi Juanda Terganggu, 8 Pesawat Delay

Rabu, 11 Januari 2012

Dampak hujan dan angin yang terjadi Rabu (11/1/2012) petang, Bandara Juanda mengalami gangguan pada sistem navigasinya. Sebanyak delapan pesawat mengalami delay dan satu pesawat divert.

Dikonfirmasi Suara Surabaya, Rabu (11/1/2012), Kolonel Laut (P) Trikora Harjo General Manager PT Angkasa Pura I Juanda menyangkal adanya gangguan pada sistem navigasi. Namun, ia mengakui hujan dan angin menyebabkan masalah dalam sistem komputerisasi navigasi.

"Sehingga untuk on-kan lagi butuh waktu untuk booting. Mulai 17.58 WIB terganggu dan on lagi pukul 18.50 WIB, jadi hampir satu jam," kata Trikora.

Akibat gangguan tersebut, beberapa pesawat mengalami delay dan divert. Sebanyak delapan pesawat dari Surabaya delay. Satu pesawat yaitu Wing Air dari Denpasar menuju Surabaya yang sudah sempat 40 menit terbang dan hampir tiba di Juanda akhirnya harus terpaksa kembali ke Denpasar.

Sementara sembilan pesawat holding karena ada pengaturan manual. Jika menggunakan radar, selang waktu antar pesawat membutuhkan 3 menit, dengan sistem manual membutuhkan waktu 5-10 menit.(git)


http://kelanakota.suarasurabaya.net

Translate to : by

0 komentar:

Posting Komentar