Radius Tiga Kilometer dari Gunung Bromo Aman

Minggu, 28 November 2010

Abu vulkanik halus yang diluncurkan bergerak ke arah barat dan barat daya.

Letusan kecil akibat aktivitas Gunung Bromo terus terjadi hingga malam ini Sabtu 27 November 2010. Namun, letusan yang memicu keluarnya abu vulkanik halus setinggi 600-700 meter itu belum membahayakan.

"Radius tiga kilometer (dari Gunung Bromo) masih aman," kata petugas pemantau di Pos Pantau Gunung Bromo, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Achmad Subhan ketika dihubungi VIVAnews.com.

Menurut Achmad, letusan Gunung Bromo terus terjadi sejak pagi tadi pukul 05.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Akibat letusan itu, abu vulkanik halus yang diluncurkan bergerak ke arah barat dan barat daya.

"Arah barat dan barat daya ini meliputi Kabupaten Malang serta Pasuruan," ujar dia. Sementara itu, gempa tremor juga masih terus terjadi.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat untuk tidak panik, karena daerah dengan radius sekitar tiga kilometer masih aman.
Sebelumnya, Camat Poncokusumo, Dwi Ilham, mengatakan abu vulkanik akibat letusan kecil Gunung Bromo belum berdampak pada aktivitas warga di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Di desa yang hanya berjarak sekitar delapan kilometer dari Gunung Bromo itu juga belum terlihat adanya abu vulkanik.  "Belum sampai ke sini (Desa Ngadas)," kata Camat Poncokusumo, Dwi Ilham, ketika dihubungi VIVAnews.com. Desa Ngadas adalah wilayah yang paling dekat dengan Gunung Bromo.

• VIVAnews
http://nasional.vivanews.com/news/read/190958-radius-tiga-kilometer-dari-gunung-bromo-aman


Translate to : by

0 komentar:

Posting Komentar